Cuplikan orasi dalam video Sunda Empire. (akun FB Berita Viral)
Cuplikan orasi dalam video Sunda Empire. (akun FB Berita Viral)

Kembali masyarakat Indonesia dibuat ramai dengan kemunculan sekelompok orang dengan seragam ala militer layaknya pasukan negara. Menyebut diri sebagai Sunda Empire atau Kekaisaran Matahari, sekelompok orang dalam video yang sedang viral di dunia maya saat ini berhasil menyita perhatian khalayak umum.

Di-posting oleh akun Berita Viral di Facebook, Kamis (16/1/2020), masyarakat telah membanjirinya dengan 1.256 komentar, 1.286 disukai dan telah dibagikan sebanyak 3.668 kali sampai Jumat (17/1/2020).

Ramainya masyarakat membicarakan Sunda Empire tak lepas dari kasus Kerajaan Agung Sejagad di Purworejo, Jawa Tengah (Jateng), yang juga membuat heboh. Sampai akhirnya, raja dan ratu-nya pun harus berurusan dengan kepolisian dan kini meringkuk di sel penjara dengan tuduhan penipuan.

Interval waktu peristiwa itu dengan munculnya postingan video Sunda Empire yang menyebutkan pemerintahan dunia akan berakhir  tahun 2020 ini terbilang hanya hitungan hari. Namun, pemunculan Sunda Empire atau Kekaisaran Matahari telah muncul di media sosial sejak 9 Juli 2019 lalu. Yakni melalui postingan akun Renny Khairani Miller yang diduga foto dirinya dalam id card kembali ramai di berbagai medsos. Id card itu bertuliskan "Alliance Press International" dan menjabat sebagai direktur eksekutif dengan nama HRH Renny Khairani.

Dalam video yang kini ramai, terlihat sosok seorang lelaki berseragam militer lengkap dengan lencana dan tanda bintang sedang berbicara kepada sekumpulan orang yang sebagian memegang spanduk besar Sunda Empire.
"Inggris, Amerika, akan berakhir di tahun 2020. Karena itu kita siapkan...setiap orang akan hadir untuk perpanjang negerinya...kalo tak kita akan berutang sampai dunia kiamat. Kita bisa mengampuni sistem-sistem penggunaan aset-aset bumi asal datang ke Bandung. Mendaftarkan diri ke sistem imperium dunia yaitu kekaisaran Sunda atau Kekaisaran Matahari," ucap seorang lelaki yang dimungkinkan pemimpin dari Sunda Empire dalam video berdurasi sekitar 2 menit itu.

Tak hanya membicarakan kondisi pemerintahan dunia yang berakhir tahun 2020. Sosok berseragam militer dan berkumis itu juga menyampaikan, dengan kondisi itu, tak perlu mencari siapa.

"...China, Amerika, Inggris. Hanya perlu ke Bandung, kalau tak semua uang dikunci, ditutup. Kalian akan terus menambah utang..." lanjutnya.

Sebelumnya, melalui postingan Renny yang telah dihapus, Sunda Empire atau kekaisaran Matahari ditulisnya sebagai berikut: "SUNDA EMPIRE - EARTH EMPIRE, Dalam menyambut Indonesia baru yg lebih makmur dan sejahtera, dgn system pemerintahan dunia yg dikendalikan dari koordinat 0.0 di Bandung sebagai Mercusuar Dunia. Masa pemerintahan Dunia yg sekarang akan segera berakhir sampai dgn tgl 15 Agustus 2020. Mari kita persiapkan diri kita utk menyongsong kehidupan yg lebih baik dan sejahtera. Agar kita tdk menjadi budak di negara sendiri dan hidup hanya utk membayar tagihan yg terus naik dan biaya hidup yg terus melambung tinggi apalagi biaya pendidikan anak yg tdk gratis, setelah itu kita tua dan mati, terus pikniknya kapan?"

Sontak saja masyarakat pun ramai memperbincangkan adanya Sunda Empire itu. Banyak yang geleng kepala dengan lahirnya berbagai kerajaan di Pulau Jawa akhir-akhir ini yang tersebar di medsos serta berakhir dengan urusan hukum. "Ini habis makan apa sih kok puluhan orang bisa begini keadaannya..." komentar akun Widya Pradipta. 

Disusul dengan komentar Richardalexandersean yang menuliskan, "Jiah makin seru apa makin runyam ini indonesia ku semua mau mngklaim daerah kekuasaan rupanya...apa kabar ketegasan pemerintah. ini mah mungkin lg bikin konten youtube kali biar viral y."

Akun Nanang Priantoro menuliskan bahwa lahirnya kerajaan-kerajaan yang ujungnya ke penipuan, seperti yang dilakukan oleh Kerajaan Agung Sejagat, diindikasikan ekonomi masyarakat semakin mencekik. "Tanda tanda duit semakin susah dicari.. Semakin banyak orang kehilangan akal sehat," komentarnya.

Banyak pula warganet yang tak heran dengan hal itu. Misalnya Liong Vincent Christian berkomentar, "Jadi setingkat Tuhan aja gampang kok di Indonesia, apalagi cuma bikin kerajaan baru."

Video viral Sunda Empire atau Kekaisaran Matahari yang bisa menyelamatkan perekonomian dunia itu, menurut beberapa warganet, diambil di lokasi UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung depan Gedung Isola. "Ini tempatnya di upi bandung depan gedung isola," tulis akun Away Ars.