Suasana sertijab Kapolres Malang Kota dari AKBP Dony Alexander kepada AKBP Leonardus Harapantua Simarmata oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Halaman Mapolresta Malang Kota, Kamis (28/11) (Foto: Humas Polresta Malang Kota)
Suasana sertijab Kapolres Malang Kota dari AKBP Dony Alexander kepada AKBP Leonardus Harapantua Simarmata oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Halaman Mapolresta Malang Kota, Kamis (28/11) (Foto: Humas Polresta Malang Kota)

Serah terima jabatan (sertijab) Kapolres Malang Kota dari AKBP Dony Alexander kepada AKBP Leonardus Harapantua Simarmata telah berlangsung pagi ini, (Kamis, 28/11). Dengan sertijab tersebut, juga sekaligus menjadi momen pengukuhan kenaikan status Polres Malang Kota menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang Kota.

Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Luki Hermawan meresmikan secara langsung kenaikan status dan peralihan pimpinan tersebut. Menurutnya, perubahan nomenklatur tersebut seiring dengan kemajuan di wilayah Kota Malang.

Ia menjelaskan, banyak faktor yang mendukung penilaian perubahan kenaikan tipe menjadi Polresta. Kenaikan tipe ini tak lepas dari peran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang sudah membangun komunikasi baik dengan jajaran Forkopimda. Karenanya, perubahan itu juga harus bisa membawa kinerja personel aparat penegak hukum lebih baik lagi.

"Situasi yang berkembang pesat di wilayah Kota Malang sebagai kota pendidikan, sebagai kota transit para wisatawan, dan juga perputaran ekonomi yang cukup besar hingga membawa 132 negara yang ikut bersekolah di sini membawa dampak dan tanggung jawab besar bagi personel Polresta Malang yang harus bekerja semakin baik," ujarnya.

Dalam kesempatan kali ini, ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Forkopimda Kota Malang yang telah menjalin sinergitas TNI-Polri dalam menunjang kinerja Polres Malang Kota sebelumnya. Karenanya, keputusan perubahan tipe itu juga berada di balik dukungan masyarakat dan Forkopimda. 

"Adanya peningkatan ini, saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Forkopimda Kota Malang yang selama ini telah bekerjasama cukup baik, dan mendukung kinerja dari Polres Malang Kota," imbuhnya.

Dengan kenaikan status dan perkembangan yang cukup pesat di Kota Malang, tentunya akan turut diikuti dengan peningkatan kasus kriminalitas. Karenanya, tuntutan kinerja dari personil aparat penegak hukum juga akan mengalami perubahan.

"Perlahan nanti akan ada penambahan personel, peralatan, yang juga akan berdampak dalam menunjang tugas-tugas Polresta Malang Kota. Yang jelas penambahan wilayah masih dalam proses, tidak menutup kemungkinan wilayah kabupaten yang dekat dengan Kota Malang kita akan ambil untuk bergabung," pungkas nya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi peningkatan kenaikan tipe menjadi Polresta Malang Kota. Dengan naiknya status tersebut, ia mengharapkan peningkatan kewaspadaan semakin diperkuat dalam menumpas segala bentuk kejahatan di Kota Malang.

"Terimakasi pak Doni yang dalam tiga bulan ini seakan-akan baru 1-2 minggu di sini, dan selamat datang Kapolresta yang baru mudah-mudahan pengalaman di Surabaya bisa diterapkan di Kota Malang. Harapan kami, mudah-mudahan ini menjadi catatan kita semua, semakin tipenya naik kita juga bertambah kewaspadaan, dan semakin kita kuatkan," ungkap nya.