Jatimtimes/Muhlis/ verifikasi berkas pilkades

Jatimtimes/Muhlis/ verifikasi berkas pilkades



Kabupaten Bondowoso pada Desember 2019 akan melaksanakan hajatan besar berupa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan diikuti oleh 79 bakal calon kades yang tersebar di 18 desa dari 10 kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bondowoso, Abdurrahman mengatakan bahwa berdasarkan ketentuan untuk pendaftaran calon dalam Pilkades tak ada batasan. Hanya saja, ketika menjadi calon barulah ada batasan. Yakni, minimal dua orang dan maksimal lima orang.

"Jadi ketika calonnya lebih dari lima maka kami menunggu hasil tes tulisnya nanti. Meskipun kurang dari lima tetap dites. Jadi nanti membawa berkas asli seperti ijazah, KTP," katanya.

Setelah lengkap persyaratan, mereka akan dilakukan tes tulis, tes kesehatan dan tes lainnya, yang hasilnya akan diumumkan. Kemudian barulah akan ada penetapan sebagai calon.

"Ini melibatkan beberapa OPD dari Dikbud, Kemenag, Kesbang, rumah sakit dan kepolisian. Kesehatan juga masuk kriteria, langsung dari RSUD," jelasnya.

Untuk anggaran Pilkades, kata Abdurrahman, ada beberapa item kegiatan dari tim kabupaten Rp 200 juta. Sedangkan, untuk dana langsung ke panitia Pilakdes sekitar Rp 900 juta. Tentu besarannya untuk masing-masing desa disesuaikan dengan jumlah hak pilih.

"Ada juga kegiatan pengamanan. Ini sesuai perencanaan," jelasnya.

Berdasarkan surat edaran Bupati Bondowoso per tanggal 15 Januari 2019 menyebutkan bahwa dari total desa-desa tersebut, 11 diantaranya tercatat telah habis masa jabatannya pada 2018 kemarin. Sementara sisanya, tujuh desa, habis masa jabatannya pada 2019 ini.

Adapun desa-desa yang habis masa jabatannya pada 2018, yakni Desa Maskuning Wetan, Kejawan, Taman, Sukosari Lor, Tangsil Kulon, Tarum, Prajekan Lor, Walidono, Mengen, Kalianyar, Sumber Anyar.

Sedangkan yang habis masa jabatannya pada 2019, diantaranya Desa Rejoagung, Taal, Wonokusumo, Sumber Pakem, Sukosari, Prajekan Kidul, dan Bataan.


End of content

No more pages to load